Menjelaskan yentang hal-hal yang harus diperhatikan dan dihindari oleh setiap muslim, yaitu beberapa hal yang bisa membatalkan keislaman seseorang diantaranya adalah: Syirik dalam beribadah kepada Allah, menjadikan perantara dalam beribadah kepada-Nya, tidak mengkafirkan atau ragu-ragu terhadap kekafiran orang kafir, dan seterusnya.

Membahas tentang keutamaan Tauhid dan pembagiannya.

Dimana Allah (15.3 MB)
Menjelaskan tentang ketinggian Allah SWT. Bahwa Dia berada diatas langit yang ketujuh dan bersamayam diatas 'Arsy akan tetapi Ia menyertai mereka dimana saja mereka berada dan ilmunya meliputi segala sesuatu, juga menjelaskan tentang kekeliruan akidah asy'ariyah yang mengatakan bahwa Allah berada dimana-mana.

Aqidah Yang Benar (Syarah Ushul Al Iman) (10.5 MB)
Menjelaskan aqidah yang benar yaitu aqidah generasi terdahulu yang shalih (salafusshalih) dan kelompok ahlussunnah wal jama'ah, kemudian menjelaskan hikmah dari penciptaan makhluk yaitu supaya beribadah kepada Allah, lalu ditutup dengan penjelaskan tentang rukun-rukun iman secara terperinci.

Menjelaskan makna yang terkandung dalam kalimat syahadat Muhammad rasulullah, yaitu mengimani akan kebenaran risalahnya dan bahwasanya beliau adalah hamba dan rasul-Nya, kemudian menyebutkan tentang sifat dan kriteria beliau, dan beliau adalah hamba pilihan untuk mengemban risalah islam, beliau maksum dan terjaga dari kesalahan, juga menjelaskan keuniversalan risalahnya dan beliau adalah penutup para nabi dan rasul.

Makna, Syarat dan Urgensi kalimat La ilaha illallah (20.4 MB)
Menjelaskan makna yang terkandung dalam kalimat tauhid serta syarat dan urgensinya bagi setiap muslim, kalimat ini merupakan pembuka pintu agama islam dan merupakan kunci sorga. Syahadat juga merupakan titik tolak untuk melakukan perubahan pada diri seseorang dari kondisi jahiliyah kepada kondisi yang islamai. Dan barang siapa yang akhir kalimatnya mengucapkan La ilaha illallah dia akan masuk sorga.

Menjelaskan tentang rukun Islam secara ringkas, lalu menjelaskan pengertian kata Islam yang terdapat di dalam al-Qur`an yang dikutip dari penjelasan Ibnul Qayyim rahimahullah, yaitu: 1. Nama suatu agama,  2.Tauhid,  3. Ikhlas beribadah kepada Allah, 4. Berserah diri, 5. Iqrar dengan lisan.

Menjelaskan tentang makna shalat secara etimologi dan terminologi, kemudian menyebutkan tingkatan-tingkatan manusia dalam shalat, diantara mereka ada yang menganiaya diri sendiri, ada yang berjuang (mujahid) dan ada yang mendapatkan pahala sempurna. Kemudian menjelaskan tentang urgensi shalat dalam kehidupan seorang muslim.

Menjelaskan tentang bagaimana melakukan shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah S.A.W Berdasarkan hadits-hadits shahih yang datang dari beliau, orang yang hendak shalat setelah bersuci ia harus menghadap qiblat, lalu niat dalam hati dan takbiratul ihram dengan mengangkat tangan sejajar dengan telinga atau bahu, kemudian membaca doa iftitah dan membaca surat al fatihah dan seterusnya.

Beberapa Permasalahan Tentang Shalat  (10.6 MB)
Menjelaskan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan shalat, diantaranya masalah hukum shalat jamaah serta perbedaan pendapat tentangnya disertai penjelasan pendapat yang rajih (lebih kuat dan benar) dalam masalah ini, dan keutamaan ini adalah khusus untuk kaum lelaki, adapun wanita maka yang paling baik adalah shalat dirumah mereka.

Hakikat Puasa (6.2 MB)
Menjelaskan tentang makna puasa secara etimologi dan terminology, kemudian menyebutkan tentang hakikat puasa dalam islam, yaitu seseorang yang berpuasa selain menahan diri dari makan dan minum ia juga harus menahan hawa nafsu dan anggota badannya dari kemaksiatan. Karena Allah tidak butuh dari seseorang untuk meninggalkan makan dan minum jika anggota badan dan hawa nafsunya terus melakukan kemaksiatan dan dosa.

Menjelaskan tentang pengertian zakat secara etimologi dan terminologi. Kemudian menjelaskan tentang urgensi zakat bagi setiap muslim; di antara adalah sebagai salah satu rukun Islam, sebagai jaminan masuk surga, membersihkan harta yang tertinggal, sebagai penolak bala, dll.

Menjelaskan tentang tujuan utama dari ibadah haji adalah untuk mengingat Allah, dan wajibnya mengikhlaskan niat karena Allah, juga harus menggunakan bekal yang halal, dan harus mengetahui tata cara pelaksanaan manasik sesuai dengan contoh dari Rasulullah s.a.w, disamping ia juga harus meninggalkan larangan-larangan haji yang bisa merusak ibadahnya agar ia bisa menggapai haji yang mabrur.

Menjelaskan tentang hukum-hukum thaharah
Menjelaskan tata cara wudhu Rasulullah  secara lengkap.
Menjelaskan hal-hal yang membatalkan wudhu.
Menjelaskan tentang tata cara mandi dari hadats besar (junub) sesuai petunjuk Nabi .
Hal-hal yang diharamkan bagi hadats kecil dan besar.

Alam Jin dan Dunia Misteri : Menjelaskan hakikat alam jin dan dunia misteri dalam perspektif ahlussunnah wal jamaah, serta menjelaskan tata cara pengobatan dengan ruqyah syar'iyah dan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh yang hendak meruqyah, juga menjelaskan tentang perbedaan antara dukun, tukang sihir dan ahli ruqyah yang benar.

Tanda-Tanda Hari Kiyamat : Menjelaskan tanda-tanda hari kiyamat seperti akan datangnya di akhir zaman orang-orang yang fakir berlomba-lomba untuk membangun gedung yang tinggi, dan orang-orang bodoh yang berkuasa serta diangkatnya ilmu juga munculnya para penghianat dan di tinggalkannya orang-orang yang amanah.

Keutamaan Ilmu dan Ulama 
audio1 (10.1 MB), audio2 (8.7 MB)
Menjelaskan tentang keutamaan ilmu dan ahlinya, bahwasanya para ulama seolah-olah masih tetap hidup dengan ilmu yang mereka tinggalkan sekalipun mereka telah tiada, kemudian menyebutkan tentang hakikat ilmu dan ulama, bahwa orang yang takut kepada Allah adalah seorang alim yang hakiki, adapun ahli maksiat sebenarnya adalah orang yang bodoh.

Peringatan Keras Untuk Menjadikan Kuburan Sebagai Masjid (10.3 MB)
Menjelaskan tentang haramnya mengagungkan kuburan dan menjadikannya sebagai masjid dan tempat ibadah, karena hal itu bisa menjerumuskan seseorang kepada kesyirikan, sebagaimana yang terjadi pada umat nabi Nuh as. Karena sebab kesyirikan mereka adalah karena ghuluw (berlebih-lebihan) dalam mengagungkan orang-orang shalih, juga menjelaskan tentang diharamkannya membangun dan meninggikan kubur serta meneranginya dengan lampu dengan tujuan untuk mengagungkannya.

Adab Ziarah Kubur  (10.7 MB)
Menjelaskan bahwa ziyarah kubur ada 3 macam:
- Disyari'atkan: yaitu ziyarah yang bertujuan untuk mengingat kematian dan mendoakan mayit serta mengucapkan salam kepadanya.
- Bid'ah: yaitu jika bertujuan untuk beribadah kepada Allah disampingnya dengan keyakinan bahwa ibadah disana lebih utama dan afdal.
- Syirik: yaitu jika ia meminta-minta kepada penghuni kubur dan beribadah kepadanya seperti tawaf, menyembelih dan nazar untuknya.

Menjaga Lisan (10.5 MB)
Menjelaskan wajibnya menjaga lisan karena ia merupakan salah satu nikmat Allah terhadap hambanya, dan ia merupakan penyebab keselamatan seorang hamba, ia juga menjadi bukti keimanan seseorang dan bisa menjadi penyebab keridhaan Allah atau kemurkaan-Nya.

Ghuluw Terhadap Orang Saleh (10.3 MB)
Menjelaskan tentang maksud dari ghuluw yaitu berlebih-lebihan dalam menghormati dan mengaungkan orang shaleh, dan larangan islam terhadapnya, karena ia merupakan penyebab terjerumusnya orang-orang terdahulu kedalam kesyirikan seperti yang telah dilakukan oleh kaum Nuh As, serta orang-orang Yahudi dan Nasrani dalam mengagungkan nabi dan orang-orang shaleh diantara mereka.

Hijab Dalam Islam (8 MB)
Menjelaskan wajibnya jilbab bagi wanita muslimah karena ia merupakan ciri kesucian dan kemuliaan mereka, sedangkan memamerkan aurat merupakan sebab utama timbulnya berbagai macam kerusakan seperti zina dan pelecehan seksual. Lalu menjelaskan makna yang terkandung dalam ayat-ayat tentang hijab (jilbab).




0 comments:

Post a Comment

top